Kelebihan Membeli Mobil Secara Kredit dan Simulasinya!

Kredit mobil baru menjadi salah satu layanan pinjaman yang ditawarkan oleh pihak bank atau perusahaan pembiayaan (multifinance) kepada masyarakat. Layanan pembiayaan ini tentunya memudahkan calon debitur untuk mendapatkan mobil baru dengan sistem cicilan.

Melalui sistem pembayaran kredit atau cicil, debitur tidak perlu mengeluarkan uang yang terlalu besar seperti ketika membeli mobil secara tunai. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui kelebihan apa saja yang bisa diperoleh dari pembelian mobil dengan sistem kredit.

Simulasi Pembelian Mobil Baru Sistem Kredit

Sebelum membahas lebih jauh mengenai kelebihan membeli mobil secara kredit, calon debitur harus memahami simulasi kredit terlebih dahulu. Ketahui dan pahami biaya-biaya yang harus dibayarkan.

Selain mempersiapkan biaya cicilan mobil setiap bulannya, calon debitur harus mempersiapkan biaya DP (down payment) atau uang muka. Tidak hanya itu saja, debitur juga harus memperhitungkan besaran suku bunga dan tenor atau periode waktu cicilan yang dipilih.

Semakin panjang atau lama waktu cicilan yang dipilih, maka besaran biaya cicilan yang dikeluarkan setiap bulannya menjadi lebih ringan. Namun, ketika nantinya biaya sudah ditotal secara keseluruhan, maka total harga mobil menjadi lebih tinggi.

Begitu pula sebaliknya, semakin singkat tenor yang dipilih, maka besaran biaya cicilan setiap bulannya juga lebih besar, namun total harga mobil menjadi lebih rendah. Untuk memudahkan memahami simulasi kredit untuk pembelian mobil baru, berikut penjelasan selengkapnya.

Contoh Simulasi Kredit:

Mobil Avanza varian baru tipe 1.5 G M/T (kondisi baru) dibanderol dengan kisaran harga Rp228.500.000,00. Jika uang mukanya sebesar Rp45.700.000,00, maka cicilan per bulannya sebagai berikut ini.

Tenor (Masa Cicilan) Biaya Cicilan per Bulan Total Biaya Cicilan
12 bulan 16.549.568 244.294.816
24 bulan 8.784.952 256.538.848
36 bulan 6.309.150 272.829.400
48 bulan 5.163.844 292.564.512
60 bulan 4.456.164 313.069.840

Kelebihan Membeli Mobil Baru Sistem Kredit

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, membeli mobil baru secara kredit memang menawarkan sejumlah keuntungan. Berikut ini beberapa kelebihan atau keuntungan membeli mobil dengan sistem kredit atau cicil.

1. Biaya Lebih Ringan

Dengan membeli mobil secara kredit, maka biaya yang ditanggung menjadi ringan. Debitur tidak perlu mengeluarkan dana yang besar seperti ketika membeli mobil secara tunai. Dengan sistem kredit, debitur bisa membayar mobil tersebut dengan cara mencicil setiap bulan.

Debitur juga bisa memilih tenor atau masa cicil sesuai kemampuan finansial mulai dari 12 bulan, 24 bulan, 36 bulan, hingga 60 bulan. Semakin panjang masa tenornya, maka semakin ringan pula biaya cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

2. Hemat Waktu dan Tenaga

Membeli mobil dengan sistem kredit melalui platform online tentunya lebih hemat waktu dan tenaga. Calon debitur tidak perlu repot-repot berkunjung ke dealer, namun cukup membuka platform kredit kendaraan via internet sehingga lebih efisien dan fleksibel.

3. Transaksi Aman

Membeli mobil baru dengan sistem kredit dinilai aman apabila dilakukan melalui lembaga pembiayaan yang sudah terpercaya. Platform pembiayaan mobil baru biasanya sudah diseleksi oleh situs penyedia iklan sehingga proses jual beli melibatkan pihak ketiga.

Apabila terjadi masalah atau komplain dalam jangka waktu tertentu, maka debitur bisa mendapatkan ganti rugi atau refund sesuai kesepakatan semua pihak yang terlibat.

4. Persyaratan Kredit Mudah

Banyak orang memilih membeli mobil secara kredit karena dianggap lebih ringan dan tidak memberatkan biaya pengeluaran bulanan. Tidak hanya itu, syarat yang dibutuhkan untuk pengajuan kredit atau cicilan mobil juga terbilang mudah.

Sebagai platform pembiayaan mobil baru di bawah naungan PT Astra Auto Digital, SEVA adalah pilihan terbaik untuk membeli mobil secara kredit yang aman dan terpercaya. Platform satu ini menyediakan fitur instant approval untuk melakukan simulasi kredit.

Dengan hadirnya fitur instant approval inilah, calon debitur bisa memilih mobil yang diinginkan sesuai dengan budget dan kemampuan finansialnya. Karena dianggap lebih ringan, banyak orang memilih untuk membeli mobil secara kredit atau cicilan dibandingkan tunai.