5 Kampus Dengan Jurusan Perbankan Terbaik di Indonesia

STMIK Universitas terbaik untuk jurusan perbankan tidak diragukan lagi merupakan industri yang tidak akan pernah mati. Tak heran jika banyak orang yang tertarik untuk bekerja di industri ini. Langkah pertama bagi mereka yang bercita-cita bekerja di industri perbankan adalah belajar di universitas dengan jurusan yang berkaitan dengan bidang ini.

Secara umum, bank dipercaya sebagai sebuah badan usaha pada bidang keuangan yang menghimpun atau menyimpan dana dari masyarakat. Bidang perbankan dapat dikelompokkan sebagai industri vital karena banyak kegiatan yang menyangkut hajat hidup banyak orang. Tidak hanya memberikan jasa menabung atau menyimpan uang, tetapi industri ini bisa dibilang cukup kompleks karena ikut berperan menyalurkan dana ke masyarakat yang sedang membutuhkan dalam bentuk pinjaman.

Daftar 5 Nama Kampus Terbaik Jurusan Perbankan

Dibawah ini adalah beberapa kampus yang terbaik dengan jurusan perbankan di indonesia yaitu sebagai berikut : 

Universitas Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan Universitas Indonesia (UI). Ternyata salah satu negeri populer di Indonesia ini memiliki program penelitian yang berkaitan dengan perbankan: Program Studi Perbankan di UI dikenal dengan nama Program Studi Manajemen Keuangan dan Perbankan. Program studi ini merupakan bagian dari program penelitian profesional. Artinya, lulusan Administrasi Keuangan dan Perbankan UI nantinya akan disebut sebagai tenaga profesional madya.

Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya juga masuk dalam daftar perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki bank. Berbeda dengan Universitas Indonesia, Brawijaya juga mempunyai program sarjana yang mengkhususkan diri pada bidang perbankan. Sama seperti mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi pada umumnya, lulusan program sarjana perbankan UB akan memperoleh gelar Bachelor of Arts in Economics atau S.E.

Universitas Muslim Indonesia

Jika dua kampus yang masuk dalam daftar universitas dengan jurusan perbankan adalah universitas negeri, kali ini Mamikos menjangkau swasta, yaitu Universitas Indonesia (UII). Jurusan perbankan di UII dinamakan Program Studi D3 Perbankan dan Keuangan.

Universitas Muhammadiyah Malang

Selain tempat kuliah brawijaya, kampus lain di Malang yang juga mempunyai  jurusan khusus perbankan adalah Universitas Muhammadiyah Malang. Program studi ini bernama lengkap Program Studi Diploma 3 Keuangan dan Perbankan. Program diploma ini merupakan program studi selama tiga tahun. Kurikulumnya terdiri dari 60% pelatihan praktis.

Universitas Syiah Kuala

 

Universitas yang memiliki fakultas perbankan di Indonesia tidak hanya berada di pulau Jawa. Misalnya, Sia Kuala (Unsyiah) di Banda Aceh yang memiliki fakultas keuangan dan perbankan. Dalam kurikulumnya, mahasiswa mempelajari operasional perbankan baik di bank tradisional maupun bank yang menerapkan sistem syariah. Situs resmi Fakultas Ekonomi dan Administrasi Bisnis Unsyiah menyebutkan bahwa fakultas ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan tenaga profesional di bidang keuangan dan perbankan.