Pengertian Masyaallah Tabarakallah Bagi Umat Muslim

Ketika kita menganut agama islam kita harus tetap konsisten menjalankan perintah-perintah Allah, seperti : sholat, puasa, zakat, dan masih banyak lainnya. Di dalam islam segala sesuatu itu memiliki dasar atau sebabnya.
Misalnya pada keindahan, keburukan, hal yang harus kita hindari dan masih banyak lainnya

Mengenal masya allah tabarakallah

Masyaallah tabarakallah itu berasal dari bahasa arab, yaitu ماشاء الله تبارك الله.
Yang memiliki arti “apa yang dikehendaki oleh Allah, maka itulah yang akan terjadi. Maha suci allah”
Dalam kitab tafsir menjelaskan bahwa arti kalimat masyaallah tabarakallah memiliki dua makna : 

  • Masyaallah “apa yang dikehendaki allah,maka itulah yang akan terjadi”

    Kalimat itu biasanya diucapkan untuk mengetahui sesuatu yang sangat menakjubkan. Oleh karena itu bisa kita simpulkan makna dari masyaallah itu sebagai bentuk pujian dan doa yang dipanjatkan ke Allah SWT.

  • Tabarakallah “yakni semoga allah memberkatimu”

    Kalimat itu sering diucapkan ketika melihat ciptaan Allah yang sangat menarik hingga memunculkan rasa kagum kepada allah SWT karena telah menciptakan nya.

Berikut kata-kata baik yang bisa dijadikan kalimat Masyaallah Tabarakallah:

  •  Jazakallah Khair yang artinya :

    Semoga Allah membalas kebaikanmu. Pepatah ini menunjukkan bahwa orang yang mengucapkannya mempunyai niat yang baik dan memohon keberkahan kepada Allah SWT kepada orang yang mengucapkannya.

  •  Barakalah fikum yang artinya Alhamdulillah.

    Kata ini memiliki cukup  makna arti yang sangat cukup  relatif mirip dengan Masyaallah Tabarakallah.

Artinya seorang muslim yang mengucapkan Masyaallah Tabarakallah ingin mendoakan orang yang mengucapkannya dengan makna yang sama.

Kapan Masyaallah Tabarakallah digunakan?

Tell co id Secara umum ungkapan Masyaallah Tabarakallah berarti mengungkapkan rasa syukur atas rahmat dan karunia Allah. Oleh karena itu, ungkapan ini dapat digunakan ketika seorang muslim ingin mensyukuri nikmat yang diterimanya, mengagumi kecantikannya, atau ketika melihat keberkahan pada kerabat muslim lainnya.

Selain itu, kalimat “Masya Allah Tabarakallah” juga dapat memberikan efek merinding bagi orang yang mengucapkannya, sehingga perasaan dengki dan dengki tidak semakin bertambah. Apalagi setelah ada yang melihat sesuatu yang membuat mereka kaget dan khawatir mungkin ini penyebab ‘Ain’.

“Penyakit itu sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh pendapat orang lain, baik itu keserakahan, iri hati atau keterkejutan, sebagaimana disebutkan dalam buku karya Thibbun Nabawi, M Saifudin Hakim dan Siti Aisyah Ismail. Apa maksudnya bila muncul kata Masyaallah Tabarakallah ‘ain? ?

 

Menurut sebuah hadis, Rasulullah pernah bersabda bahwa mengucapkan “MasyaAllah Tabarakallah” dapat mencegah penyakit. Namun Rasulullah SAW hanya menganjurkan umat Islam untuk mendoakan orang yang dianggap terpuji oleh umat Islam lainnya.